Rapor Disampaikan oleh Murid kepada Orang Tua, Mungkinkah?

 

Latar Belakang

Murid Kurang Terlibat Aktif Saat bagi Rapor

Murid-murid biasanya hanya menunggu di luar kelas saat pembagian rapor. Orang tua mereka secara bergantian menemui wali kelas mengambil rapor dan mendengarkan penjelasan mengenai pencapaian hasil belajar anak selama 1 semester.

Durasi Bagi Rapor Lama

Wali kelas membutuhkan waktu yang cukup lama untuk kegiatan pembagian rapor akhir semester. Ini dikarenakan pencapaian hasil belajar murid disampaikan satu per satu kepada orang tua dengan durasi 10 s.d. 15 menit sehingga dibutuhkan waktu kurang lebih 4 s.d. 6 jam untuk menyelesaikan pembagian rapor 25 murid dalam satu kelas.

Aksi

Langkah 1: Sosialisasi Program Student Conference

Student Conference adalah kegiatan bagi rapor dimana murid melaporkan dan menjelaskan secara langsung pencapaian hasil belajar mereka kepada orang tua masing-masing di kelas secara bersamaan dan disaksikan oleh wali kelas. Wali kelas perlu menyiapkan nilai rapor, catatan dari guru atau wali kelas, dan mengecek portofolio murid secara berkala setiap bulan. Kemudian wali kelas menyampaikan kepada murid terkait program ini di kelas masing-masing.

Langkah 2: Menyiapkan Portofolio

Setiap murid menyiapkan document keeper untuk menyimpan dokumen portofolio perkembangan, pencapaian hasil belajar maupun tantangan yang dialami selama satu semester. Portofolio tersebut meliputi sertifikat juara lomba, sertifikat menjadi pemimpin organisasi, sertifikat pengabdian masyarakat, medali, dan bukti pencapaian belajar mereka lainnya. Selain itu, murid membuat daftar target yang harus dicapai selama satu semester.

Langkah 3: Menyiapkan Nilai Rapor

Guru menyiapkan nilai rapor setiap mata pelajaran, nilai ekstrakurikuler, deskripsi pencapaian belajar murid, dan deskripsi pencapaian dimensi profil pelajar Pancasila yang akan disampaikan murid kepada orang tua masing-masing.

Langkah 4: Menyampaikan Hasil Belajar Oleh Murid

Murid menyampaikan hasil belajar mereka dengan menunjukkan portofolio kepada orang tua masing-masing (1 on 1) dengan durasi 20 menit dan jarak duduk antar murid 1 meter di kelas disaksikan oleh wali kelas. Pembagian rapor dibagi ke dalam 2 sesi yang terdiri dari 12 s.d. 13 murid per sesinya. Mereka menyampaikan prestasi yang diperoleh selama 1 semester dan menceritakan hal-hal yang masih perlu ditingkatkan di semester berikutnya.

Langkah 5: Umpan Balik

Orang tua memberikan umpan balik kepada anak-anak berupa apresiasi atas pencapaian hasil belajar mereka. Selain itu, orang tua juga memberikan saran dan motivasi terhadap proses belajar murid agar mereka dapat meningkatkan prestasi belajar di semester berikutnya.

Refleksi Hasil dan Dampak

Meningkatnya Motivasi Berprestasi Murid

Murid terlibat secara aktif selama kegiatan pembagian rapor akhir semester sehingga terjalin komunikasi yang baik antara murid dan orang tua. Dengan ini, murid juga termotivasi untuk meningkatkan prestasi di semester berikutnya. Murid merasa bangga dapat melaporkan secara langsung prestasi belajar mereka serta mendapatkan umpan balik secara langsung dari orang tua berupa apresiasi, motivasi, dan dukungan untuk semester berikutnya.

Efektivitas Waktu

Guru merasa sangat terbantu dalam melaporkan hasil belajar murid saat pembagian rapor, waktu pelaksanaan bagi rapor menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini karena tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menemui dan menjelaskan pencapaian hasil belajar murid kepada orang tua satu per satu.

Tips dari Saya

Briefing Sebelum Bagi Rapor

Wali kelas perlu menjalin komunikasi dengan murid minimal sehari sebelum bagi rapor (student conference). Sampaikan hal-hal agar murid lebih siap dalam melaporkan pencapaian hasil belajar mereka kepada orang tua.

Cek Portofolio Murid

Wali kelas perlu mengecek dan memastikan portofolio murid tersedia sesuai dengan pencapaian hasil belajar murid selama 1 semester.

loading...