funny cat

Membangkitkan Motivasi Belajar dari Dalam Diri

 Banyak murid yang belum mengetahui esensi serta alasan mengapa mereka harus belajar sehingga motivasi yang mereka miliki ketika berangkat ke sekolah sebatas ingin jajan dan bersosialisasi. Kumpulan konten berikut memberikan gambaran mengapa dukungan yang menguatkan diri murid dapat membantu mereka menumbuhkan motivasi internal untuk belajar. Mari kita simak dan pelajari bersama!

Yang Perlu Dipahami untuk Menumbuhkan Motivasi Belajar

topic thumbnail

Belajar Disiplin Positif - Prinsip 1: Menumbuhkan Kesadaran Internal, Bukan Kontrol Dari Luar

Motivasi yang paling bertahan adalah motivasi yang bersifat internal. Video inspirasi ini memberikan contoh penjelasan tentang menggugah kesadaran internal tanpa paksaan agar motivasi muncul dari dalam.

topic thumbnail

Belajar Disiplin Positif - Prinsip 3: Dorongan Bukan Hadiah

Pujian/hadiah baik untuk diberikan dalam kadar yang wajar. Namun, hal tersebut termasuk motivasi eksternal yang menyebabkan murid belajar karena ingin mendapatkan sesuatu. Video inspirasi ini menjelaskan perbedaan pujian dan dorongan positif yang bermakna bagi murid.

topic thumbnail

Pelibatan Murid

Pertanyaan pemantik dapat membangkitkan rasa ingin tahu murid tentang apa yang akan dipelajarinya. Video berikut membahas pelibatan murid dalam proses pembelajaran sehingga membuat murid termotivasi.

Kiat Menumbuhkan dan Menjaga Motivasi Belajar Murid

Cerita praktik ini saya terapkan di sekolah tempat saya mengajar. Dengan permainan sederhana seperti mencari kata, murid dapat memperoleh pengalaman baru serta mengasah kosakata yang mereka miliki sehingga muncul motivasi dari dalam diri sendiri.

Motivasi belajar murid bisa mengalami turun dan naik. Jika murid terlihat kurang minat dan tidak bersemangat, cerita praktik berikut dapat menjadi alternatif solusi mengenali keadaan emosi murid.

loading...