May 23, 2024

Pengertian Apa itu Mockup?dan apa Kegunaan Contohnya Dalam Desain UI

Mockup UI? Mockup UI adalah representasi visual dari produk digital atau situs web final, termasuk tata letak/hierarki, warna, tipografi, ikon, dan elemen UI lainnya. Meskipun Mockup adalah desain dengan ketelitian tinggi, Mockup bersifat statis dan tidak memiliki fungsionalitas seperti tangkapan layar. Kegunaan Mockup? Mockup adalah bagian penting dari proses pemikiran desain karena mereka menjawab pertanyaan visual penting (seperti tata letak, warna, dan hierarki) dan memungkinkan desainer untuk memulai pembuatan prototipe dengan ketelitian tinggi. Mockup juga menyediakan referensi visual bagi para insinyur untuk memulai fase pengembangan. Dengan UXPin, pengembang dapat menggunakan Mode Spek untuk menganalisis ukuran, spasi, kisi/tata letak, warna, dan tipografi setiap mockup. Mockup juga menyediakan: Umpan balik pemangku kepentingan yang berarti: Berkat fidelitas yang lebih tinggi, mockup memerlukan konteks yang lebih sedikit daripada gambar rangka dan sketsa dengan fidelitas rendah, sehingga memberikan representasi produk akhir yang akurat kepada pemangku kepentingan. Perspektif realistis: Mockup mengungkapkan masalah yang mungkin tidak terlihat jelas selama pertimbangan aksesibilitas wireframing dengan fidelitas rendah, pilihan warna yang buruk, atau masalah tata letak. Fleksibilitas: Lebih mudah membuat perubahan pada mockup UI menggunakan alat desain daripada mengedit kode. Jika desainer bekerja dengan sistem desain atau pustaka komponen UI, membuat perubahan semudah menukar komponen atau mengatur ulang tata letak. Kapan menggunakan Mockup UI Mockup biasanya mengikuti wireframes dan paper prototyping (fase fidelitas rendah) dalam proses desain; Namun, hal ini tidak selalu terjadi. Desainer yang menggunakan sistem desain atau kit UI yang sudah mapan sering kali mengikuti catatan tulisan tangan untuk membuat Mockup, melewatkan fase lo-fi seluruhnya. Melewatkan fase fidelitas rendah dan langsung menggunakan Mockup adalah teknik tingkat lanjut dan membutuhkan pengalaman yang luas dan pemahaman yang baik tentang produk, jadi kami selalu menyarankan untuk mengikuti metodologi tradisional paper>wireframes>mockups>prototipe interaktif. Menyelesaikan pembuatan prototipe dan wireframing kertas terlebih dahulu memungkinkan Anda mengetahui aspek-aspek penting seperti jumlah layar, tata letak, CTA, alur, navigasi, dan arsitektur informasi. Dengan semua bagian ini terpasang, membuat mockup dan beralih ke pembuatan prototipe dengan ketelitian tinggi jauh lebih mudah dan lebih cepat. Contoh Mockup Dalam pembuatan Mockup kamu bisa menggunakan tools seperti Zeplin, Figma, Adobe XD bahkan kamu diperbolehkan untuk membuatnya dengan non digital seperti menggabarnya langsung namun jauh akan lebih mudah menggunakan tools seperti Figma, yah tidak ada aturan baku untuk tools pembuatan mockup.

No comments:

Post a Comment

loading...