Bisnis Online Di Ponsel Android

Awal saya mengenal Bisnis Online pada tahun 2008, hampir semua teman-teman seprofesi menggunakan komputer dan beberapa ada yang pakai laptop untuk mencari uang di internet atau bisnis online, pada saat itu ponsel sejenis smartphone masih sangat jarang, dibandingkan sekarang mungkin sudah jutaan jenis smartphone mulai dari lokal, hingga ternama, apalagi tablet, mungkin tidak ada.

Saya saat itu menggunakan masih menggunakan ponsel bersistem operasi Java dan masih aktif di wenru dan wapsite lainnya, setelah 2 tahun saya mulai menggunakan komputer super jadul sisa penggunaan dari ayah dan kakak saya, dengan monitor tabung yang tombol menunya beberapa sudah hilang, jadi ketika ingin menyetel kontras atau av, mesti menggunakan pengungkit atau benda kecil seperti pensil.

Cpu yang sangat berisik dan beraroma bahan-bahan kimia sebagai mesinnya, hampir tiap 6 bulan masuk bengkel service karena over panas, bagaimana tidak, saya menggunakannya 24 jam 7 hari 30 hari, artinya nonstop, matinya paling pada saat listrik padam, saat itu saya menjalankan beberapa software traffic exchange yang selalu surf situs.

Beberapa tahun, saya mulai menggunakan laptop, ini pada zaman Jss Tripler, sungguh sangat nyaman menggunakan laptop untuk kegiatan saya, laptop tersebut juga sisa pemakaian dari saudara saya, yang pada akhirnya mengalami kerusakan, sempat pensiun bisnis online untuk 1 tahun. 

Setelah mulai resah, saya mulai mencoba menggunakan ponsel Nokia 7610 yang model ketupat, lumayan juga untuk browsing dan mengelola beberapa akun bisnis online, tapi sangat banyak keterbatasan, yang biasa saya gunakan dengan ponsel tersebut adalah Blogger dengan mengkases blogger blog this, karena masuk dashboard blogger tidak bisa dengan ponsel jadul tersebut, saya juga sering akses Paypal dan Payza disitu, sangat melelahkan karena RAM yang dimiliki hanyalah beberapa MB saja.

Terakhir, hingga saat ini saya menggunakan ponsel Android untuk bisnis online, menurut saya ponsel android yang saya gunakan ini sudah setara dengan laptop, tentu dibidang pengelolaan bisnis online, hampir semua yang biasa saya kerjakan di laptop bisa dikerjakan di ponsel android ini, meskipun sesekali harus juling mata untuk melihat font kecil pada saat mengetik, tetapi ya cukup memuaskan.

Kesimpulan dari pengalaman diatas, untuk berbisnis online atau mencari penghasilan via internet, jangan selalu mematok harus punya laptop dan komputer, cukup dengan modal ponsel android, buktinya saya sudah ratusan bahkan ribuan kali buat artikel blog, edit template blog, blogwalking, akses paypal melalui browser maupun app, dan lainnya, lancar dan tanpa masalah kecuali satu hal yaitu android saya tidak support flash player, tetapi tidak begitu berpengaruh bagi saya.

Pada akhirnya saya beritahu sedikit tentang android yang saya gunakan bukanlah android mahal, karena saya memang memiliki keterbatasan ekonomi, saya hanya menggunakan android yang harganya 600ribuan saja, saya fikir dengan android 300ribuan untuk bisnis online juga pasti bisa, ram 500MB dan layar 5inch, meski begitu rendah tetapi artikel dan blog yang sedang anda baca berasal dari situ.

Semoga menjadi inspirasi dan motivasi ya, semoga sukses juga.

No comments:

Post a Comment